LAPORAN PENELITIAN KEHUMASAN
DI SMK NEGERI 3 SURABAYA
Oleh :
·
Edy
Kurniawan (098 554 213)
·
Nur
Laily Mufrita (098 554 295)
·
Nur
Alamiyah (098 554 296)
·
Umi
Nur Cholis (098 554 302)
·
Titin
Hidayati (098 554 327)
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS EKONOMI
JURUSAN PENDIDIKAN EKONOMI
PRODI
ADMINISTRASI PERKANTORAN
2011
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapakan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, telah diselesaikannya
penyusunan laporan “Kehumasan di SMK Negeri 3 Surabaya”. Tujuan
diterbitkannya laporan ini adalah
untuk menyelesaikan sebuah tugas dari mata kuliah “Humas”. Dan tak lupa kami ucapkan terimakasih kepada dosen pangajar humas, yang telah memberikan tugas ini sehingga kami lebih
mendalami, serta memahami mata kuliah humas.
Penulis telah
berusaha menyajikan laporan ini dengan
sebaik-baiknya, tetapi kekurangan dan kesalahan pasti masih ada. Memang benar
kata orang bijak bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna. Atas dasar
kenyataan ini, tegur sapa, saran, dan kritik yang membangun agar penyajian
dalam laporan ini menjadi
lebih baik, sangatlah kami harapkan dan
kami terima dengan tangan terbuka.
Akhirnya
dengan adanya laporan ini maka
penulis berharap makalah ini akan bermanfaat bagi para pembaca.
Surabaya, Nopember 2011
Penulis
DAFTAR ISI
Kata pengantar ………………………..
i
Daftar isi …………………………...…
ii
BAB 1 PENDAHULUAN
A.
Latar belakang
………............. 1
B.
Perumusan masalah
………..... 2
C.
Tutjuan pembelajaran
……...... 2
BAB 2 PEMBAHASAN
v Dokumentasi............................. 3
A.
Profil SMK Negeri 3
Surabaya..................... 4
1.
Visi dan Misi SMK
Negeri 3 Surabaya.... 4
2.
Tujuan SMK Negeri 3
Surabaya............. 4
3.
Keunggulan yang
dimiliki SMK Negeri 3 Surabaya....... 5
4.
Sistem Pendidikan SMK
Negeri 3 Surabaya................ 5
5.
Fasilitas Pendidikan
SMK Negeri 3 Surabaya.............. 5
B.
Program keahlian SMK
Negeri 3 Surabaya....................... 6
C.
Instansi yang
bekerjasama dengan SMK Negeri 3 Surabaya....
6
D.
Kompetensi lulusan SMK
Negeri 3 Surabaya.................... 7
E.
Sistem kehumasan SMK
Negeri 3 Surabaya.................... 12
F.
Kegiatan Rohani SMKN 3
Surabaya……....................... 13
G. Lampiran ………………………………………...…….
13
BAB 3 PENUTUP
A.
Kesimpulan ………………………………………….. iii
B.
Saran …………………………………………...……. iii
C.
Daftar Pustaka
…………………………………….…. iv
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang.
Sebuah
sekolah pada dasarnya memiliki keunggulan-keunggulan yang berbeda-beda. Dan
mereka mempunyai cara tersendiri untuk mempromosikan sekolah mereka. Salah
satunya dengan adanya humas disekolah.
Hubungan
Masyarakat, atau sering disingkat humas (public relation) adalah seni
menciptakan pengertian publik yang lebih baik, sehingga dapat memperdalam
kepercayaan publik terhadap suatu individu / organisasi.
Humas
dibentuk untuk menunjukkan citra positif suatu organisasi sekaligus mendapatkan
kepercayaan dari masyarakat Posisi humas merupakan
penunjang tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi.
Sasaran humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional
humas bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan
mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara
keduanya.
Selain itu setiap
fungsi dan tugas humas adalah menyelenggarakan publikasi atau menyebarluaskan
informasi melalui berbagai media tentang aktivitas atau kegiatan perusahaan
atau organisasi yang pantas untuk diketahui oleh publik. Oleh karena itu
sekolah juga memerlukan peran humas untuk mempublikasikan organisasi mereka
agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui kondisi dan
keunggulan-keunggulan sekolah tersebut.
B. Rumusan
Masalah.
1.
Bagaimanakah profil SMK
Negeri 3 Surabaya ?
2.
Apa saja program
keahlian yang ada di sekolah SMK Negeri 3 Surabaya ?
3.
Bagaimana kompetensi
lulusan SMK Negeri 3 Surabaya ?
4.
Bagaimanakah sistem
kehumasan yang ada disekolah SMK Negeri 3 Surabaya ?
C. Tujuan.
Agar pembaca dan masyarakat dapat mengetahui
ruang lingkup SMK Negeri 3 Surabaya secara jelas dan memahami sistem kehumasan
yang seharusnya dilaksanakan agar proses promosi sebuah organisasi dapat
berjalan dengan baik.
BAB II
PEMBAHASAN
Dokumentasi :
A.
Profil
SMK Negeri 3 Surabaya.
SMK
Negeri 3 Surabaya dahulu bernama STM Negeri 3 Surabaya, berdiri tahun 1955.
Dulu beralamat di Jl. Patua No. 26 Surabaya, sejak tahun 1973 pindah alamat di
Jl. Jend. Ahmad Yani Gayungan Surabaya.
1.
Visi dan misi SMK Negeri 3 Surabaya.
Visi
:
Menjadi SMK yang menghasilkan
tamatan yang menguasai Imtaq dan Iptek yang dapat bersaing di era global.
Misi :
a.
Menyelenggarakan layanan pendidikan
yang menyenangkan dan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang bisa
bersaing.
b.
Menyiapkan lulusan yang memiliki
kompetensi handal untuk bersaing di era global.
2. Tujuan yang ingin dicapai SMK Negeri
3 Surabaya.
Sesuai dengan Visi dan
Misi Sekolah bertujuan :
Menghasilkan tenaga
kerja yang terampil dan profesional sesuai dengan tuntutan Dunia Kerja.
3. Keunggulan yang dimiliki SMK Negeri
3 Surabaya.
- SMK Negeri 3 Surabaya merupakan Sekolah Berstandard Nasional (SSN) untuk program keahlian Teknik Mekanik Otomotif (MO)
- Dua tahun berturut-turut meloloskan guru dan siswa ke Luar Negeri, yaitu tahun 2007 ke Korea Selatan dan tahun 2008 ke Australia
- Sering menjuarai lomba-lomba ketrampilan siswa, baik tingkat Jawa Timur maupun Nasional.
- Mempersiapkan sertifikasi Sistem Manajemen Mutu Internasional, akhirnya pada tanggal 28 Maret 2009, SMK Negeri 3 Surabaya berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 9001:2008, dan menjadikan SMK Negeri 3 sebagai lembaga pendidikan yang pertama kali menerima sertifikasi ISO 9001:2008.
4. Sistem Pendidikan SMK Negeri 3
Surabaya.
- Lama Pendidikan : 3 tahun
- Kurikulum yang dipakai kurikulum 2004 dan KTSP yang sudah disinkronisasi dengan DU/DI.
- Sistem pembelajaran : menggunakan modul
- On the job training di Industri / Prakerin selama 6 bulan.
- Ekstra Kurikuler, bola volley, basket, futsal, sepak bola, dayung, ski & renang.
5. Fasilitas Pendidikan SMK Negeri 3
Surabaya.
Untuk menunjang kualitas pendidikan di SMK Negeri 3
Surabaya dilengkapi Sarana dan Prasarana yaitu : Ruang teori untuk pelajaran
Normatif, Adaptif dan Produktif.
Ruang praktek / bengkel / laboratorium untuk mata
pelajaran produktif meliputi :
- Tek.Gamb.Bangunan : Bengkel Kerja Batu, Kerja Kayu, Ukur Tanah, Ruang Gambar, Auto Cad.
- Tek.Audio Video : Ruang Pengukuran, Ruang Audio, Tek. Digital, Tek. Gel. Mikro, Lap. Komputer I dan II.
- Tek. PfL. : Bengkel Kerja Bangku, Instalasi Listrik, Lab. Microcontrol dan Pengukuran, PLC.
- Tek. Pemesinan : Bengkel Bubut, Las, Kerja Bangku, CNC, R. CADD.
- Tk. MekaniK Otomotif : Kelistrikan, Chasis, Body Repair, Kerja Bangku, Sepeda Motor
- Lab. Komputer
- Lab. Bahasa Inggris
- Lapangan Olahraga : Sepakbola mini (futsal) dan basket.
- Ruang BKK, Prakerin, BK, KOPSIS, UKS, OSIS, Masjid, Tata Laksana dll.
B.
Program
Keahlian SMK Negeri 3 Surabaya.
No
|
Program Keahlian
|
Jumlah Kelas
|
Daya Tampung
|
1
|
Tek. Gambar Bangunan
|
3
|
108
|
2
|
Tek. Pemanfaatan Tenaga
Listrik
|
3
|
108
|
3
|
Tek. Audio Video
|
3
|
108
|
4
|
Tek. Permesinan
|
3
|
108
|
5
|
Tek. Mekanik Otomotif
|
3
|
108
|
6
|
Multimedia
|
3
|
72
|
C.
Instansi
yang telah bekerjasama dengan SMK Negeri 3 Surabaya :
Ø Jurusan
Otomotif :
·
Astra Internasional
·
UMC, suzuki ayani.
·
Toyota, auto 2000
Ø Jurusan
Mesin :
·
PT. Barata Indonesia
Ø Jurusan
Listrik :
·
Hotel Equator
·
PT. Surya Multi
·
CV. Marina
·
PT. PLN Persero
·
PT. Club House
·
PT. Philip Indonesia
Ø Jurusan
Multimedia :
·
Metro TV
D.
Kompetensi
lulusan SMK Negeri 3 Surabaya.
1.
Teknik
Gambar Bangunan :
- Profil Kompetensi
i.
Menggambar Teknik
ii.
Melaksanakan pekerjaan dasar
iii.
Survey, Konstruksi Bangunan
iv.
Menghitung : Statika &
Konst.Bangunan
v.
Merencanakan dan menggambar :
Bangunan Gedung, air, jalan dan jembatan
- Bidang Pekerjaan
i.
Pekerjaan survey dan pemetaan
ii.
Gambar Autocad
iii.
Pekerjaan Konstruksi Bangunan
- Posisi / Jabatan
i.
Drafter ( Juru Gambar )
ii.
Estimator ( RAB )
iii.
Pengawas
iv.
Pelaksana / Ass.Pelaksana
2.
Teknik
Pemanfaatan Tenaga Listrik
a. Profil
Kompetensi :
i.
Mengoperasikan peralatan pengalih
daya, tegangan rendah dan tinggi.
ii.
Mengoperasikan mesin dengan kendali
elektro mekanik, elektronik dan PLC.
iii.
Perawatan dan perbaikan peralatan
listrik
b. Bidang
Pekerjaan :
i.
Pekerjaan peralatan pengalih daya
tegangan rendah dan tinggi.
ii.
Pekerjaan mengoperasikan mesin
dengan kendali elektro mekanik, elektronik dan PLC.
iii.
Pekerjaan perawatan dan perbaikan
peralatan listrik
c.
Posisi / Jabatan :
i.
Operator.
ii.
Instalatir.
iii.
Programer PLC.
iv.
Teknisi AC .
v.
Rewinding
3.
Keahlian Teknik
Audio Video (TAV)
a. Profil
Kompetensi :
i.
Mengoperasikan peralatan Audio Video.
ii.
Menginstalasikan sistim Audio Video.
iii.
Melakukan trouble shhoting
elektronika.
iv.
Mereparasi : power supply,
amplifier, TV, VCD, CD player, radio dll.
b. Bidang
Pekerjaan :
i.
Pekerjaan perawatan dan perbaikan
sistim Audio Video,
ii.
Pekerjan perawatan & perbaikan
TV, VCD, CD player, radio dll.
iii.
Pekerjaan perakitan Audio Video,
TV,VCD player, radio dll.
c.
Posisi / Jabatan :
i.
Operator.
ii.
Maintenance dan repair.
iii.
Quality control
4.
Teknik
Pemesinan.
a. Profil
Kompetensi
i.
Membaca Gambar Teknik.
ii.
Menggunakan Perkakas tangan.
iii.
Membubut kompleks.
iv.
Mengefrais kompleks.
b.
Bidang Pekerjaan
i.
Pekerjaan menggambar.
ii.
Pekerjaan Konstruksi Mesin.
iii.
Pekerjaan assembling.
d. Posisi /
Jabatan
i.
Operator Mesin Umum
ii.
Operator Mesin Perkakas
iii.
Juru gambar
5.
Teknik
Mekanik Otomotif
a. Profil
Kompetensi.
i.
Perawatan & perbaikan sistim
engine.
ii.
Perawatan & perbaikan sistim ke –
listrikan.
iii.
Perawatan dan perbaikan chasis dan
body.
iv.
Perawatan dan perbaikan sistim
pendingin.
b. Bidang Pekerjaan .
i.
Pekerjaan motor bensin & diesel.
ii.
Pekerjaan sistim kelistrikan.
iii.
Pekerjaan chasis dan body.
iv.
Pekerjaan sistim pendingin.
c.
Posisi / Jabatan .
i.
Mekanik yunior engine.
ii.
Mekanik yunior kelistrikan mobil.
iii.
Mekanik yunior chasis dan body.
iv.
Teknisi sistim pendingin
6.
Multimedia
a. Profil
Kompetensi.
i.
Mengoperasikan periferal dan
software multimedia.
ii.
Mengoperasikan softaware animasi 2 dimensi.
iii.
Mengoperasikan periferal dan
software Web.
iv.
Mengoperasikan software animasi 3
dimensi.
v.
Mengoperasikan periferal dan
software penyunting video.
b. Bidang
Pekerjaan .
i.
Pengembang Web ( Web Development ).
ii.
Pengembang Game ( Game Development ).
iii.
Pengembang Multimedia.
iv.
Production House.
v.
Pekerjaan di Industri media dan
Periklanan.
c. Posisi /
Jabatan.
i.
Operator Web.
ii.
Operator Multimedia.
iii.
Desainer Web.
iv.
Penyunting Video.
v.
Pembuat animasi
E. Sistem Kehumasan SMK Negeri 3
Surabaya.
Hubungan
masyarakat, atau sering disingkat humas adalah seni menciptakan
pengertian publik yang lebih baik sehingga dapat memperdalam kepercayaan publik
terhadap suatu individu/ organisasi.
Posisi humas merupakan penunjang
tercapainya tujuan yang ditetapkan oleh suatu manajemen organisasi. Sasaran
humas adalah publik internal dan eksternal, dimana secara operasional humas
bertugas membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publiknya dan
mencegah timbulnya rintangan psikologis yang mungkin terjadi di antara
keduanya.
Seorang humas selanjutnya diharapkan
untuk membuat program-program dalam mengambil tindakan secara sengaja dan
terencana dalam upaya-upayanya mempertahankan, menciptakan, dan memelihara pengertian bersama
antara organisasi dan masyarakatnya.
a. Peran Kehumasan SMK Negeri 3 Surabaya :
Melakukan promosi
sekolah melalui :
1.
Membuat profil sekolah melalui
internet.
2.
Bekerjasama dengan instansi-instansi
/ perusahaan untuk menjalin kontrak kerja dengan siswa-siswi mereka.
3.
Melalui alumni-alumni yang telah
terjun di dunia kerja.
4.
Mengikuti lomba-lomba yang diadakan
oleh pemerintah.
b. Sistem pengawasan SMK Negeri 3
Surabaya :
1.
Kurikulum
2.
Sarana dan Prasarana
3.
SDM
4.
Kehumasan
c. Penimgkatan sistem kehumasan :
Ø Memaksimalkan
sistem kehumasan yang sudah ada.
d. Hambatan dalam menjalankan kehumasan
:
Ø
Kekurangan sedikit kelas karena
kurangnya lahan yang luas.
F. Kegiatan Rohani SMKN 3
Surabaya
·
Kultum atau siraman rohani
yang dilakukan setiap hari Jumat pagi dan diikuti oleh seluru siswa di masjid
sekolah.
·
Solat Dhuha yang dilakukan
setiap hari Jumat pagi dan diikuti oleh seluru siswa di masjid sekolah.
·
Istighosa bersama yang
dilakukan setiap hari Jumat pagi setelah solat dhuha dan diikuti oleh siswa
kelas 3 di masjid sekolah.
·
Istighosa akbar yang
dilaksanakan setiap 1 kali dalam sebulan dikui oleh siswa kelas 3.
·
Solat Idul fitri dan Idul Adha
yang wajib diikuti leh seluruh sisiwa setiap tahunnya.
·
Halal bihalal ke rumah
guru-guru setiap hari raya idul fitri.
G.
Lampiran :
1. Logo SMKN 3 Surabaya
2. Artiel Prestasi SMAN 3 Surabaya
Alumni SMKN 3
Surabaya, Perakit Robot Pendeteksi Kebakaran
Jika pada umumnya pelajar lulus dari
sekolah semakin lupa dengan apa yang mereka dapat di sekolah, tidak dengan
Riski Karyanto, salah satu pelajar yang baru saja menyelesaikan studinya di
SMKN 3 Surabaya. Satu hal membanggakan telah berhasil ia ciptakan, ia
menciptakan robot pendeteksi kebakaran justru di saat dirinya lulus dari
sekolah.
Ia dan tim dari kelas XII SMKN 3
Surabaya merakit robot bertenaga surya yang mampu mendeteksi api dengan jarak
sejauh 1.200 meter. Secara teknis cara kerja robot ini cukup
sederhana.Baterai yang terdapat di bawah robot akan terisi energi
matahari.Cahaya yang ditangkap panel surya dapat disimpan dalam jangka waktu
tertentu saat diperlukan.
Selain itu didalam robot ini juga
terdapat tangki air yang berfungsi untuk menyimpan air penyiram api.Ketika
robot mendeteksi adanya api, alat penyemprot yang terdapat di kepala robot
akan berputar - putar ke depan dan ke samping 180 derajat. "Saat diuji
coba oleh MURI, apinya berasal dari lilin. Arah jalan robot juga disetting mengikuti
kertas putih yang ditempel sebagai rute", ujar Riski.Robot yang memiliki
bentuk seperti mobil ini juga dilengkapi sensor panas atau UV tron. Dengan
adanya UV tron inilah robot yang dirancang dengan empat roda ini dapat
mendeteksi kebakaran dengan jarak terjauh 1,2 km.
Kedua roda depan robot otomatis yang
telah meraih penghargaan dari MURI ini adalah jenis roda omnidrive.Roda
inilah yang membuat pergerakan robot leluasa ke berbagai arah.Sedangkan roda
belakang adalah jenis roda racikan Riski sendiri.(kilasberita.com/pit)
|
3. GAmbaran lingkungan sekolah
Labolaturium Komputer
Ruang Administrasi
Mading
Sekolah
Tatib
Sekolah
Tatib
Sekolah
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pekerjaan
seorang humas adalah tugas-tugas yang dilakukan oleh
seorang humas
dalam mempromosikan pengertian dan pengetahuan akan seluruh fakta-fakta tentang
runtutan situasi atau sebuah situasi dengan sedemikian rupa sehingga
mendapatkan simpati
akan kejadian tersebut. Pada umumnya kesan yang jelek datang dari
ketidak-pedulian, prasangka buruk, sikap melawan, dan apatis. Seorang petugas
humas harus mampu untuk mengubah hal-hal ini menjadi pengetahuan dan
pengertian, penerimaan dan ketertarikan.
SMK Negeri Surabaya adalah sekolah yang mempuyai
sistem kehumasan yang cukup baik untuk mempromosikan sekolahnya pada
masyarakat.
B.
Saran
Kemajuan
teknologi yang semakin meningkat membuat sistem humas yang ada disekolah harus
lebih maju dan berkembang. Seiring perubahan zaman masyarakat ingin lebih mudah
dalam memperoleh informasi tentang suatu lembaga atau organisasi. Dengan itu
sistem humas harus mengembangkan tugasnya melalui internet dan sebagainya,
bukan hanya melalui brosur atau bekerjasama dengan instansi yang sudah ada.
C.
Daftar Pustaka
·
SMK Negeri 3 Surabaya
·
http://www.kilasberita.com
·
Bagian Kehumasan SMK Negeri 3
Surabaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar